Manfaat Lumbricus rubellus

Daging cacing tanah (Lumbricus rubellus) merupakan salah satu organisme hidup yang dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan bagi kehidupan manusia. Banyak khasiat daging cacing tanah bagi kesehatan manusia. Lumbricus rubellus dapat menjadi obat yang manjur untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Di antaranya ialah penyakit tekanan darah rendah, tekanan darah tinggi, kecing manis, penyakit thypus, reumatik, disentri, maagh, muntaber, asma dan penyakit kronis lainnya.

Berbagai hasil penelitian pun telah menguak multimanfaat cacing tanah. Hewan ini mengandung barbagai enzim penghasil antibiotik dan asam arhidonat yang berkhasiat menurunkan demam. Sejak tahun 1990 di Amerika Serikat cacing ini dimanfaatkan sebagai penghambat pertumbuhan kanker. Di Jepang dan Australia, cacing tanah dijadikan sebagai bahan baku kosmetika. Penelitian laboratorium mikrobiologi fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Unpad Bandung tahun 1996 menunjukkan bahwa ekstrak cacing rubellus mampu menghambat pertumbuhan bakteri pathogen penyakit thypus dan diare.

Menurut Bambang Sudiarto, peneliti dari Lembaga Ekologi Universitas Padjajaran Bandung, cacing adalah sumber protein sangat tinggi, sekitar 76 %. Itu berarti lebih tinggi dibanding yang hanya 65 %, dan kacang kedelai yang hanya 45 %. Cacing tanah juga mengandung 15 jenis asam amino esensial dengan kadar yang sangat tinggi. Zat ini biasa digunakan untuk menyempitkan atau melebarkan pembuluh darah.

Cacing rubellus mempunyai beberapa kandungan yang bermanfaat bagi manusia jika dimakan, penyembuhan dengan memanfaatkan daging cacing dilakukan pada saat kita sehat. Penyembuhan itu harus melalui proses jauh sebelum sakit itu tiba, mereka yang sering menderita thypus, demam, batuk, flu dan lain-lain perlu banyak mengkonsumsi cacing agar memiliki ketahanan.

Memang tak ada informasi yang jelas, kapan cacing dianggap berkhasiat. Tapi, Lumbricus punya manfaat medis. Sudah diteliti para ilmuwan Amerika. Dari sanalah ditemukan bahwa Lumbricus punya kemampuan mengubah omega-6 menjadi omega-3. Omega-3 ini dapat mencegah terjadinya pengerasan pembuluh darah yang diakibatkan oleh lemak. Dalam penelitian itu juga dilakukan percobaan dengan mengisolasi bahan kimia yang ada pada tubuh Lumbricus rubellus. Kemudian menumbuhkannhya ke sel tubuh manusia. Ternyata bahan kimia itu dapat mengurangi gangguan di pembuluh arteri yang dapat mengakibatkan serangan jantung.



Posting Komentar